Blog

TERAPI KANKER MODREN

Posted by:

Terapi Kanker Modern
(INTERVENTIONAL ONCOLOGY)

Terapi kanker secara konvensional, meliputi: operasi pengangkatan tumor, radioterapi (penyinaran), kemoterapi dan terapi biologis. Ketiga metode ini adalah terapi kanker yang paling umum digunakan.

Sayangnya terapi kanker jenis ini bukan tanpa problem/efek samping. Pasien kanker di negara-negara berkembang sudah semakin kritis, dan memiliki berbagai tuntutan baru, seperti: resiko dan efek samping yang lebih kecil, masa pemulihan yang lebih cepat, serta terapi yang lebih hemat biaya (rawat jalan ketimbang rawat inap), Terima kasih terhadap perkembangan teknologi dan komputer yang memungkinkan semua itu terjadi. Terapi kanker yang memanfaatkan tehnik minimal invasive ini, disebut dengan: Interventional Oncology.

Interventional oncology telah membantu sekitar 10 juta pasien kanker di seluruh dunia, terutama pasien kanker kolorektal/usus besar dan kanker payudara. Selain itu juga pasien kanker stadium lanjut (metastasis) dengan ukuran tumor yang sangat besar, yang sebelumnya tidak dapat dioperasi. Interventional oncology betul-betul membantu pasien-pasien ini.

Berikut ini adalah beberapa terapi kanker modern yang sering digunakan:

ROBOTIC RADIO SURGERY SYSTEM

Metode knifeless (tanpa pisau bedah sesungguhnya) menggantikan operasi pembedahan terbuka dengan sinar laser/partikel radioaktif yang secara akurat diarahkan ke lokasi tumor dengan bantuan computer. Metode ini aman digunakan tanpa perlu merusak jaringan sehat di sekitar tumor. Manfaat lain terapi kanker ini: pemulihannya lebih cepat serta tidak ada lagi sisa jahitan bedah, kecuali tanda sekecil lubang jarum.

Jenis-jenis kanker yang dapat diobati dengan metode Robotic Radio Surgery System antara lain:

  • Tumor ganas¬†: astrocytoma, glioma, tumor di tengkorak kepala, metastase (ke otak dan tulang), kanker nasofaring
  • Tumor jinak: meningioma, neuroma akustik, schwannoma, adenoma kelenjar pituitari, hemangioblastoma, craniopharngioma, tumor jinak lainnya
  • Extracranial Tumor: base of skull, leher, tulang panggul, tulang belakang, tulang selangka, pankreas, liver, paru-paru, prostat dan tumor lainnya di area lain tubuh.

TRANS-ARTERIAL CHEMO EMBOLIZATION (TACE)

Metode TACE telah digunakan secara luas dalam 15 tahun terakhir ini untuk mengobati kasus cirrhosis hati maupun kanker liver yang ukurannya sangat besar (>5 cm) yang tadinya tidak dapat dioperasi.

Dalam TACE, sebuah kateter kecil yang berisi obat kemoterapi dosis tinggi diarahkan ke lokasi tumor melalui visualisasi X-RAY. Tujuannya: memblokir pembuluh darah yang membawa makanan ke tumor agar tumor mati kelaparan. Terapi kanker TACE sangat singkat dan pasien hanya perlu beristirahat total 20-24 jam saja. SELECTIVE INTERNAL RADIATION THERAPY (SIRT)

Berbeda dengan radioterapi konvensional, SIRT diarahkan langsung ke lokasi tumor dan secara selektif akan membakar hanya tumornya saja. Dengan terapi kanker bertarget ini, dokter kini sanggup melakukan radioterapi di lokasi tumor yang sulit dijangkau oleh radioterapi eksternal, seperto: tumor liver. Selain itu SIRT juga menghasilkan 40 kali lipat radiasi lyang ebih efektif terhadap tumor dibandingkan dengan metode konvensional biasa.

RADIO FREQUENCY ABLATION (RFA)

RFA banyak digunakan untuk mengobati tumor di daerah liver, pankreas, ginjal dan tulang. Metodenya adalah dengan memasukkan alat seperti jarum (RFA probe) ke lokasi tumor untuk memasak tumor tersebut dengan gelombang radio. RFA biasanya dikombinasikan dengan kemoterapi local. Terapi kanker dengan metode RFA juga dapat digunakan untuk kasus-kasus kanker tahap lanjut (paliatif care) untuk mengurangi rasa sakit.

PERCUTANEOUS ETHANOL ABLATION (PEA)

Metode PEA adalah metode yang sangat simple, namun tergolong baru dalam mengobati tumor. Caranya: injeksi alcohol langsung diarahkan pada tumornya. Paling ideal digunakan untuk kasus kanker hati dengan ukuran tumor dibawah 3 cm, dan tumornya berkantung/seperti kapsul. Terapi kanker jenis ini juga dapat dipertimbangkan untuk kasus kanker kambuhan yang sebelumnya telah diobati dengan metode minimal invasive lainnya.

Keywords:
terapi kanker,TACE, liver cancer, breast cancer, interventional oncology, radiotherapy, radioterapi, kanker hati, kanker payudara, kanker paru, kanker prostat,

Compiled by CancerHelps team.
Source:
http://www.mbhs.org/med_serv/cancer/cyberknife.htm
http://www.answers.com/topic/oncology
http://www.whereismydoctor.com/guides/cancer-care-oncology/interventional-oncology
http://www.mylivercanceroptions.com/mylivercanceroptions/pages.aspx?page=Treatment/TACE
http://www.umcio.org/liver_cancer.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Radiofrequency_ablation

 

Apakah AIR MINUM Anda sehari-hari sudah BERSIH dan SEHAT?
Jangan sembarangan, KESEHATAN serta NYAWA ANDA dan KELUARGA TARUHANNYA!!!
Minumlah Air Biocera RO Alkali Anti Oksidan Purifier